Call nowBook now

Makna yang Tersirat dari Tujuh Jenis Lauk Tumpeng di Dayeuhkolot Bandung

galeri tumpeng

galeri tumpeng

Makna yang Tersirat dari Tujuh Jenis Lauk Tumpeng di Dayeuhkolot Bandung

Nasi tumpeng rasa-rasanya sudah menjadi tren sendiri untuk berbagai perayaan ataupun tradisi keagamaan di Indonesia khususnya di daerah pulau Jawa, Bali dan Madura. Bagi anda yang ingin merayakan hari special dengan nasi tumpeng, anda bisa mendapatkan tumpeng di Dayeuhkolot Bandung dengan lengkap lauk pauk beserta desain hiasan yang cantik tapi minim budget. Lauk pauk dalam nasi tumpeng biasanya berjumlah tujuh macam yang memiliki filososfi asal dalam bahasa jawa yaitu “pitu” dengan singkatan dari “pitulungan” yang berarti pertolongan. Dengan sejumlah lauk pauk tersebut, nasi tumpeng diharapkan dapat menjadi jembatan untuk berkumpul dan berdoa bersama sanak saudara sehingga dapat menjadikan pertolongan baik melalui doa yang dipanjatkan maupun melalui sanak saudara yang hadir.

Masing-masing dari ketujuh lauk pauk tumpeng di Dayeuhkolot Bandung tersebut juga memiliki makna filosofisnya masing. Contohnya nasi yang dibentuk kerucut melambangkan harapan agar hidup selalu sejahtera menyerupai gunung, melambangkan kedekatan jarak untuk selalu menyembah Tuhan. Sementara lauk ayam jantan menjadi pengingat untuk menghindari sifat ayam yang sombong. Ada juga telor rebus sebagai simbolis bahwa pada dasarnya semua mahluk berasal dari permulaan yang sama, perbedaannya hanyalah ketaqwaan dan tingka laku. Lauk selanjutnya yaitu ikan teri sebagai arti kesederhanaan dalam hidup dengan situasi ekonomi sedang di bawah. Serta sifat ikan teri yang selalu hidup bergerombol contoh dari kebersamaan dan kerukunan.

Selain dimakan dengan lauk pauk,  nasi tumpeng juga dilengkapi dengan sayur mayor berupa urab yang mana setiap jenis sayurnya memiliki filosofi tersendiri. Salah satu contohnya yaitu bayem dengan makna “ayem” atau mengharapkan kehidupan yang tenang dan damai. Kacang panjang sebagai arti bahwa hidup harus jauh terus menatap kedepan. Cabe merah di pucuk tumpeng bersimbol layaknya api yang memberikan penerangan sehingga bermanfaat bagi orang lain. Sementara urap sendiri berasal dari kata “urip” artinya hidup dengan harapan mampu menfakahi atau menghidupi keluarga. Masih banyak lagi filosofis dari nasi tumpeng dan anda bisa mendapatkan harapan-harapan filosofis diatas dari nasi tumpeng di Dayeuhkolot Bandung.

 

galeri tumpeng

galeri tumpeng

Contact Address

jl parakan panjang no 97 rt 3/2
cibeunying
Kota Bandung, Jawa Barat 40191

Call Center

telkomsel
0 8 1 1 2 2 8 2 3 4 5

WHATSAPP
0 8 1 1 2 2 8 2 3 4 5

Statistik
Flag Counter